Senin, 07 Maret 2011

Kulit hitam = kotor = dekil = jelek ??



















Akhir-akhir ini aku lebih senang mendengarkan beberapa celoteh teman-teman kosanku ketika berada di ruang TV. Entah! Seperti agak malas menanggapi ini-itu. Mungkin juga karena kecenderungan perbedaan pendapat antara kami lebih besar, jadi malas saja berdebat. Aku memang tak pandai berbicara, jadi kuputuskan untuk memegang saja apa yang aku suka untuk dipegang daripada harus membuat oranglain juga menjadi setuju atau bahkan tak akan pernah setuju.
Seperti pada suatu siang bersama beberapa teman kostan yang pada waktu itu kebetulan lebih muda dariku, jadi mereka adik tingkatku menurut tahun masuk kuliah. Salah satu dari mereka berkomentar tentang sesosok laki-laki berkulit hitam di layar TV.

"Ih.. Item banget y?! Itemnya tuh nggak coklat, tp item bener-bener item." Komentarnya. Batinku terlonjak. Bukan karena aku termasuk yang berkulit sawo matang, dan memang lebih coklat warna kulitnya dibandingkan dengannya, jadi aku seperti ingin protes, tapi lebih kepada kebosananku akan stereotip masyarakat yang TELAH TERMAKAN anggapan kalau PUTIH ITU BERSIH, INDAH, CANTIK dan HITAM ITU KOTOR, DEKIL, JELEK. Oke.. Mungkin tak selamanya juga masyarakat-termasuk juga dia-termakan stereotip macam itu. Aku juga bisa toleransi dengan menganggap selera tiap individu yang berbeda-beda, tapi Oh.. Entah.. Untung aku masih punya pikiran macam itu hingga mengeremku untuk protes. Mungkin hitam membuat kita jijik pada seseorang, menganggap kalau kulit mereka kotor terus-terusan hingga membuat kita malas dan jengah jika bersentuhan. Mungkin.. Mungkin itu yang jadi alasan banyak orang tak suka kulit gelap. Aku harus tahu dan buktikan seperti apa aku dengan berinteraksi langsung dengan mereka baru bisa protes macam-macam untuk pembelaan. Yah.. Mungkin.. Tapi.. Selama ini aku tak suka mengatakan kalau hitam itu buruk. Malah beberapa kali tertarik melihat beberapa aktor berkulit hitam di film aksi, karena alasan subjektif sih.. Ehm! Lebih macho! Lebih keliatan laki-lakinya. Hehehe.. (dasar wanita) :p

Sekian.. Hanya mencoba menuangkan pikiran :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar